Awas STNK Abal-abal !!

Dokument Palsu 5Citra Asri Buana ( Dealer Resmi Suzuki Indonesia ) - Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor. Jika sebuah kendaraan tidak memiliki STNK, maka patut dicurigai apakah kendaraan tersebut benar-benar resmi ataukah bodong. Oleh karena itulah sangat diwajibkan bagi setiap pengendara untuk selalu melengkapi kendaraannya dengan STNK selama di perjalanan. Namun bukan berarti STNK selalu aman dan terbebas dari pemalsuan. Selalu ada celah kejahatan yang setiap saat wajib diwaspadai agar selaku pemilik dan pembeli mendapatkan barang asli tanpa rekayasa. Lalu apa saja yang harus diperhatikan? berikut cara memastikan jika dokumen STNK Anda Asli.

 

1. Tidak Luntur

Kertas dan tulisan cetakan asli di dalam STNK tidak akan luntur jika terkena air. Dengan tinta dan kertas kualitas tinggi, menjadi pembeda yang paling berarti bagi STNK asli dan palsu. Setiap mendapatkan STNK dari tangan penjual / pegang perlu teliti bahan kertas STNK nya, berikan sedikit air pada tulisannya untuk memastikan. Jika ternyata luntur, sudah saatnya Anda mencurigainya.

2. Hologram

Bagian kedua yang bisa diperiksa adalah tulisan STNK yang ditempatkan pada hologram di sisi kanan atas STNK. Hologram ini merupakan salah satu yang cukup sulit dipalsukan. Jika benar-benar asli, terdapat logo korps Polri (Polisi Republik Indonesia) dengan posisi tepat di atasnya tulisan STNK.

Untuk memahaminya lebih dalam, cobalah periksa STNK asli yang dikeluarkan lewat dealer resmi atau memang sudah dipastikan asli. Tipe hologram seperti ini memang bisa dibuat mirip, tapi tidak akan bisa seidentik dengan aslinya.

3. Benang Pengaman

Layaknya uang kertas pada umumnya, STNK asli memiliki benang pengaman yang bukan cetakan seperti pada STNK abal-abal selama ini. Bentuk benang pengaman STNK asli dibuat seperti rajutan yang khas sehingga tidak akan mudah untuk dipalsukan. Jika melihat benang pengaman ini seperti hanya cetakan biasa dan terlihat tidak berkualitas, silakan bandingkan dengan STNK lainnya yang menurut Anda asli utamanya STNK keluaran dari dealer resmi atau memang yang memang sudah dipastikan keasliannya.

4. Test Scan & Sinar UV

Hasil Scan Untuk STNK asli Tulisan & logo pada Hologram akan tampak jelas, berbeda dengan STNK palsu hasil nya akan terlihat buram / tidak jelas. Selain itu STNK asli jika ditest dengan sinar UV motif pada bahan kertasnya akan keluar serat yang berwarna-warni

5. Cek Online

Kepastian STNK asli atau palsu memang tidak bisa dipastikan secara online, tapi Anda bisa memastikan data yang ada di STNK dengan dengan keterangan terbatas dari Samsat yang disertakan di dalam laman ini.

Daerah Jawa Timur

 

Polda Metro Jaya ( DKI Jakarta )

 

Daerah Jawa Barat

  • SMS : 08112119211
    Contoh Format SMS : info d/1234/abchitam

Keterangan : d = Kode Plat Kendaraan (B/D/E/F/T/Z) Wilayah Provinsi Jawa Barat || 1234 = Nomor Polisi || abc = Kode Seri Plat Kendaraan || hitam = Warna Plat Kendaraan (HITAM/KUNING/MERAH)

 

Daerah Jawa Tengah

 

Sumber