Tips Mengatasi Mesin Mobil Susah Hidup

ignition key large
Hal yang menjengkelkan bila disaat ingin mengendarai mobil keburu-buru, namun mesin mobil susah hidup. Banyak pemilik mobil yang pernah mengalami hal ini, atau saat di lampu merah yang tiba-tiba mesin mobil mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Padahal posisi mobil berada ditengah jalan. Tentu, hal ini akan sangat menggangu.

Cara mengatasi mesin mobil susah hidup dan penyebabnya.

Hal pertama yang perlu diketahui apakah sistem mobil memakai kelistrikan yang modern atau konvensional? Jika memakai sistem modern, sebaiknya bawa mobil ke bengkel resmi . Namun jika mesin mobil susah hidup terjadi pada mobil konvensional maka umumnya yang menjadi penyebab ialah pada accu dan penghantar listrik.

1. Cek Ketersediaan Bahan Bakar

Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan mengecek bahan bakar. Sudah pasti jika tidak ada bahan bakar maka mobil mesin mobil tidak akan hidup. Perlu diketahui juga bahwa, bahan bakar yang terlalu sedikit bisa membuat karburator menjadi kotor sehingga mesin mobil sulit untuk dihidupkan.

2. Cek Accu

hal kedua ialah dengan mengecek accu untuk mengetahui daya kekuatan accu tersebut. Apakah accu masih memiliki daya yang normal atau tidak (drop tegangan). Jika ternyata accu mobil drop atau tegangan lemah, maka kemungkinan harus mengganti accu tersebut atau alternatif lain bisa dengan mengisi ulang air accu tersebut. Jika masalah ditemukan pada plat platina yang kotor maka bersihkan dengan menggunakan amplas.

3. Periksa Sekring

Penyebab mobil susah hidup lainnya adalah sekring mobil putus. Untuk mengatasinya cukup mengganti sekring yang baru. Jika mobil sering mengalami masalah ini, maka sebaiknya sediakan sekring baru cadangan.