Tips Aman Melepas Kabel Accu Mobil

aki mobilCitra Asri Buana ( dealer Resmi Suzuki Indonesia ) - Ada kalanya kita pasti pernah dalam situasi dimana harus melepas kabel kelistrikan yang ada di accu, entah karena mobil terendam banjir atau mungkin ditinggal lama. Hampir disemua buku manual perbaikan dan perawatan kendaraan mengharuskan kita mengikuti aturan melepas dan memasang kabel accu yang benar. Sebab hal yang dikira sepele seperti itu justru bisa membahayakan diri kita apa bila kita salah dalam melakukannya. Lalu bagaimanakah cara melepaskan kabel accu yang benar ?

Accu merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Karena Accu merupakan sumber daya listrik yang menyuplai ke semua kompunen elektronik yang ada di kendaraan. Oleh sebab itu arus listrik yang dikeluarkan Accu terbilang cukup besar & akan sangat berbahaya jika terjadi arus pendek atau konsleting. Accu sendiri sama seperti batu baterai yang memiliki 2 kutub yakni Positif dan negatif. dimana kedua kutub ini berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari Accu ke komponen elektronik mobil. Meskipun di anggap satu jenis dengan batu baterai kita tidak boleh asal jika ingin melepas atau memasang kabel yang terpasang di kedua kutub tersebut. berikut akan kami jabarkan cara tepat dan aman melepas dan memasang kabel Accu.

Saat ingin melepaskan kabel pada Accu hal pertama yang dilakukan adalah untuk melepas Kabel di kutub Negatif yang terpasang di Accu. Baru setelah itu kita dapat melepas kabel yang berada di kutub Positif. Namun jika kita ingin memasang kembali, pertama yang dilakakukan ialah untuk memasang kabel pada kutub postif. Baru setelah itu memasang Kabel di kutub Negatif. Atau dengan kata lain kabel yang berada di kutub negatif  harus dipasang terakhir.

 

Kenapa harus melakukan demikian ?

Pada saat melepas kabel yang terpasang pada Positif accu dengan menggunakan kunci ring/pas untuk membuka terminal jepitnya, maka kunci ring/pas tersebut tentunya akan bermuatan positif. Terkadang tanpa disengaja pada saat membuka baut terminal accu, kunci ring/pas tersebut menyentuh besi pengikat atau komponen mesin lainnya. Apabila kabel yang terpasang pada kutub negatif accu sudah dilepas lebih dulu, hal ini tidak akan jadi masalah. Namun apabila kabel negatif masih terpasang, maka akan terjadi percikan api yang bisa membahayakan.

Hal tersebut dikarenakan Kabel yang terpasang pada kutub negatif dari accu selalu dihubungkan ke bagian chassis atau body dan juga komponen-komponen mesin, termasuk juga besi pengikat accu itu sendiri. Apabila kabel yang terpasang pada kutub negatif accu dilepas, maka chasis/body dan komponen mesin tersebut secara otomatis tidak lagi terhubung ke kutub negatif accu.

 

kutub aki

 

 

Catatan :

Yang perlu diingat, jika bukan dalam keadaan sangat terpaksa ada baiknya untuk tidak melepaskan kabel accu. Jika pun harus, ada baiknya untuk menyerahkan ke bengkel resmi. Untuk mobil lawas yang belum menerapkan sistem komputerisasi di bagian mesin tentu tidak jadi masalah. Lain halnya jika mobil tersebut sudah menerapkan sistem komputerisasi. Sebab Bila kita asal melepasnya maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah pada kompunen lain.

 

 

sumber