Tips Berkendara Jarak Jauh

RoadTripCitra Asri Buana ( dealer Resmi Suzuki Indonesia ) - Jika musim liburan telah tiba tentu akan dimanfaatkan hampir semua warga yang tinggal di kota - kota besar untuk merefresh kembali pikiran dengan melakukan liburan. Baik bersama keluarga ataupun melakukan perjalanan sendiri. Umumnya mereka yang tinggal di kota - kota besar akan berlibur ketempat yang jauh.Yang perlu diperhatikan mengemudi jarak jauh merupakan suatu perjalanan yang cukup melelahkan, sehingga membutuhkan ketahanan fisik yang cukup kuat. Banyak pengendara mobil yang tidak mengetahui cara mengemudi yang aman saat melakukan perjalan jauh, sehingga sering terjadi kecelakaan dan masalah lainya diperjalan.

Menyiapkan berbagai macam-macam kebutuhan saat ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan sangatlah penting. Dimulai dari kesiapan fisik, perlengkapan kendaraan dan bekal, merupakan tips dasar yang harus anda persiapkan. Berikut ini merupakan tips dan cara berkendara atau mengemudi jarak jauh, agar perjalan anda bersama keluarga selamat sampai tujuan dan menghindari hal - hal yang tidak dinginkan

1. Istirahat yang cukup

Beristirahat secukupnya jika hendak mengemudi jauh seperti mudik, karena mengemudi dalam keadaan badan ngantuk dan lemas dapat mempengaruhi konsentrasi anda saat melihat kearah jalan raya dan bisa tertidur. Jangan mengonsumsi suplemen dan minuman yang bisa nyebabkan anda kantuk. Berhenti sebentar untuk mengembalikan saat merasa capek, minimal 2-4 jam agar kondisi badan anda kembali bugardan bisa berkonsentrasi kembali.

 

2. Periksa kondisi kendaraan

Periksa kendaraan anda mulai dari bagian luar dan mesinnya seperti air radiator, oli, rem, ban dan bagian lainnya. Sebelum melakukan perjalanan hendaknya melakukan servis terdahulu di bengkel resmi agar lebih aman. Selain itu hindari muatan berlebihan atau tidak sesuai dengan kapasitas mobil anda.

 

3. Cari posisi duduk yang nyaman

Pastikan posisi duduk mengemudi yang membuat Anda nyaman dalam berkendara, mengubah posisi kursi dan sandaran kepala dan punggung hingga anda merasa nyaman. Mengodisikan spion anda agar dapat melihat bagian samping kanan, sebelah kiri dan belakang.

 

4. Berkendara dengan benar & utamakan keselamatan

Cara mengemudi yang benar seperti memperhatikan kondisi disekitar mobil anda, mengatur pengereman karena melakukan rem mendadak sangatlah berbahaya, jaga jarak dengan kendaraan didepan anda. Menyalakan lampu sein saat ingin pindah jalur dan perhatikan terlebih dahulu kendaraan lain disekitar anda. Jangan menerima telfon saat mengemudi karena konsentrasi pada jalan raya.