Penyebab & Cara Mengatasi Kunci Elektrik Bermasalah

Suzuki-Ertiga-Keyless-Entry

Citra Asri Buana ( Dealer Resmi Suzuki Indonesia ) - Hadirnya teknologi Kunci Elektrik atau yang lebih dikenal dengan istilah smart key pada sebuah kendaraan, merupakan suatu terobosan yang sangat inovatif di bidang otomotif. Bayangkan, ketika ingin membuka pintu yang terkunci, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan anak kunci, karena pintu otomatis terbuka dengan satu sentuhan di handel pintu. Selain itu, ketika ingin menyalakan mesin mobil, Anda hanya cukup menekan tombol Start/Stop yang terletak di dashbor.

Namun canggihnya teknologi bukan berarti terbebas dari kerusakan. Pasti ada saja saatnya smart key tidak berfungsi dengan baik untuk membuka pintu atau menyalakan mesin. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi hingga tidak berfungsinya smart key tersebut dengan normal.

Kali ini kami akan membahas apa saja hal yang memicu tidak berfungsinya smart key dan apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi.

Penyebab Umum Masalah yang ada pada Smart Key & Cara Mengatasinya

gelombang  

Pada dasarnya smart key menggunakan gelombang radio untuk melakukan hal yang kita perintah. Biasanya gelombang radio tersebut akan terganggu jika mobil Anda parkir di daerah yang terdapat BTS. Jangan khawatir karena Anda bisa mengandalkan remote untuk tetap membuka pintu mobil Anda. Apalagi beberapa produsen mobil kini telah mengubah frekuensi agar ganguan dari BTS semakin diminimalkan. Tapi bila terjadi, Anda dapat mendekatkan remote ke arah modul. Nah, posisi modul penerima frekuensi remote di setiap mobil berbeda-beda. Jadi Anda perlu menanyakan posisinya dengan mekanik bengkel resmi, Umumnya posisi modul berada di balik dasbor, tapi ada juga yang meletakannya di belakang dekat pilar C.

Untuk menyalakan mesin, cukup dekatkan remote dengan tombol Start/Stop, seketika mobil pun akan mengenali yang ditandai dengan berubahnya indikator di tombol Start/Stop menjadi hijau.

 

baterai  

Ciri-ciri yang paling mudah dikenali ketika baterai smart key lemah atau habis ialah, melemahnya pancaran lampu yang terdapat di remote. Selain itu akibat melemahnya baterai, biasanya respon untuk membuka kunci akan melambat.

Jika hal ini terjadi, Anda pun cukup melakukan pergantian baterai yang serupa dengan baterai jam tangan yang berada di remote. “Baterai remote tersebut memiliki umur tergantung dari pemakaian si penggunanya. Paling lama umur baterai tersebut mampu bertahan hingga 3 tahun

 

rolling code  

Pemicu tidak berfungsinya smart key selanjutnya di karenakan adanya kerusakan dari rolling code yang terdapat pada remote. Rolling code disini berguna untuk memancarkan gelombang radio ke tuner yang berada di mobil. Kalau sudah begini, mau tidak mau, Anda harus melakukan pergantian rolling code di bengkel resmi. Biasanya rolling code memiliki umur hingga 5 tahun dan untuk biaya yang akan dikeluarkan kurang lebih sekitar Rp 1 jutaan.

 

terendam  

Jika Smart Key anda mati total / rusak karena jatuh / terendam air maka yang perlu dilakukan ialah menggunakan kunci darurat yang biasanya bagi produsen mobil telah ikut disematkan di dalam smart key. Jadi Anda masih dapat menggunakan mobil lantaran di dalam kunci tersebut masih tersimpan chip untuk fitur immobilizer. Peer-nya hanya menon-aktifkan alarm dengan mencabut sekering atau melepas kabel menuju klakson.

 

Sumber