Penyebab Mobil Boros BBM

iritbbmCitra Asri Buana (Dealer Resmi Suzuki Indonesia) - Naik turunnya harga bahan bakar minyak di Indonesia, sedikit banyak akan mempengaruhi kas keuangan kita. Banyak cara yang dilakukan pemilik kendaraan agar kendaraannya dapat hemat BBM. Namun yang perlu diperhatikan cara berkendara kita pun dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang di butuhkan mesin. Selain cara berkendara ada faktor lain yang juga dapat mempengaruhi meningkatnya konsumsi bahan bakar pada mesin seperti faktor usia dari kendaraan, kepadatan lalu lintas, beban yang berat, cukup mempengaruhi meningkatnya konsumsi bahan bakar. Tapi lain halnya Jika dirasa sebelumnya kendaraan tersebut mengkonsumsi bahan secara normal namun berubah menjadi boros Itu merupakan indikasi adanya masalah pada mobil kita.

Lalu apa sajakah yang menjadi penyebabnya? dan bagaimanakah solusi mengatasinya?

 

  filter udara kotor  
 
 

Kotornya filter udara menjadi salah satu penyebab borosnya konsumsi BBM. Kenapa? Sebab filter udara yang kotor dapat membuat aliran udara ke dalam mesin menjadi terhambat. Pemborosan yang sangat signifikan akan terjadi pada mobil yang masih menggunakan sistem karburator. Namun berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem injeksi. Pada mobil injeksi filter udara yang kotor tidak begitu banyak berpengaruh, Tapi jangan di anggap ringan, sebab dengan filter udara yang kotor akan sangat berpangaruh pada performa mesin dan dapat menimbulkan gejala knocking.

Sering sekali mobil injeksi mengalami ngelitik  hanya karena saringan udara kotor. Untuk mengatasi filter udara yang kotor solusinya sangat mudah, cukup dengan membersihkan atau mengganti saringan udara tersebut dengan yang baru. Harganya pun sangat bervariasi tergantung jenis mobil yang digunakan.

 

 
 
  divider shadow  

 

  nosel tersumbat  
 
 

Nosel tersumbat umumnya terjadi ketika kita menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang kurang bersih atau menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah. Hal seperti ini biasanya terjadi pada mobil yang menggunakan sistem injeksi. Lubang nosel pada mesin injeksi yang sangat kecil sering mampat tersumbat kotoran. Apa efeknya ? Jika lubang pada Nosel sudah tersumbat maka pembakaran pada mesin pun menjadi tidak sempurna sehingga akan mengurangi efisiensi bbm. Solusi untuk mengatasi masalah nosel yang tersumbat ialah dengan membersihkan nosel tersebut atau jika sudah sulit untuk dibersihkan dapat langsung menggantinya.  Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 700.000 per buah.

 

 
 
  divider shadow  

 

  sensor kotor atau lemah  
 
 

Untuk mobil yang telah menerapkan sistem injeksi elektronik pada mesinnya tidak akan luput dari peran berbagai sensor, seperti sensor MAP, vacuum,  CO, throttle  dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri sensor-sensor ini pun bisa kotor atau memang sudah mulai lemah sehingga sensor tersebut memberi informasi yang salah kepada komputer manajemen mesin. Jika hanya kotor, sensor-sensor tersebut masih bisa di atasi dengan cara dibersihkan. Namun lain halnya jika memang sensor tersebut sudah lemah, mau tidak mau sensor perlu diganti. Rentang harganyapun cukup besar, bisa mencapai belasan juta rupiah. Karena tergantung dari jenis sensor dan mobil yang digunakan.

 

 
 
  divider shadow  

 

  piston dan ring piston aus  
 
  Piston & Ring Piston yang aus umumnya terjadi pada mobil-mobil yang sudah cukup lama karena waktu pemakaian dan jarak tempuh yang tinggi. Piston & Ring Piston yang aus jarang terjadi pada mobil - mobil baru kecuali jika mobil - mobil baru tersebut sering menempuh perjalanan jauh. Lalu apa efeknya jika memang Piston & Ring Piston aus? Piston & Ring Piston yang aus akan menyebabkan kompresi pada ruang bakar berkurang sehingga efisiensi kinerja mesinpun akan menurun. Jika kita mengalami hal seperti ini solusinya hanya satu, turun mesin. Ongkos turun mesin berkisar antara Rp 1 s/d 3 juta. Namun jika memang ada penggantian komponen tentu harganya akan menjulang, tergantung pada merek mobil.

 

 
 
  divider shadow  

 

  Penumpukan Kerak  
 
  Penumpukan Kerak pada bagian dalam mesin biasanya terjadi pada kendaraan yang sering menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Bagi yang sering menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi bukan berarti tidak akan terjadi penumpukan kerak. Penumpukan kerak ada kemungkinan tetap bisa terjadi. Hal ini biasanya terjadi pada mesin yang tidak pernah mencapai putaran tinggi. Untuk mengatasi masalah penumpukan kerak solusinya cukup membuka kepala silinder dan dibersihkan. Atau yang lebih mudah kita harus selalu melakukan servis berkala secara rutin di bengkel resmi atau terpercaya.

 

 
 
  divider shadow  

 

  karburator Aus  
 
  Pada mesin mobil-mobil lawas umumnya masih menggunakan sistem karburator. Dimana fungsi dari karburator sendiri ialah tempat bercampurnya udara dan bahan bakar yang nantinya akan digunakan untuk proses pembakaran pada mesin. Masalah yang sering terjadi pada mobil yang masih menggunakan sistem karburator, biasanya terjadi pada klep throttle yang sudah tidak mampu tertutup rapat. Jika sudah seperti itu tentu saja hal ini akan membuat bahan bakar menjadi boros sebab campuran antara bahan bakar dan udara menjadi kaya. Tidak perlu khawatir, karena hal ini masih bisa diperbaiki dengan menggunakan karburator repair kit.

 

 
 
  divider shadow  

 

  kabel berumur  
 
  Untuk urusan kelistrikan pada mobil memang tidak begitu berpengaruh pada borosnya konsumsi Bahan bakar. Namun tetap hal ini patut diperhatikan. Jika Kabel telah berumur, akan membuat hambatan pada kabel listrik mobil juga semakin besar. Dengan hambatan yang besar akan berdampak pada sistem pengapian serta kerja sistem injeksi tidak lagi sempurna. Jika memang dirasa sudah menjadi seperti itu solusinya bisa dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

 

 
 
  divider shadow  

 

sumber